Sunday, January 9, 2011

“SA’HELU” (make the bond)

By:Adam Kawilarang
date tebet 2
@rtmosphere Community

Kita semua punya teman bahkan setiap orang menginginkan teman sejati, dan banyak dari kita percaya bahwa kita punya teman yang dapat disebut sahabat/teman sejati. persahabatan adalah hubungan yang paling penting yang dapat kita miliki. Meskipun kita semua punya keluarga, tapi sebagian besar dari kita mengandalkan teman-teman untuk saran, kenyamanan dan inspirasi.

Ada 3 bentuk pertemanan, tapi saya hanya akan membahas 2 yaitu, teman baik dan teman sejati.

Teman baik :
1.      kita tidak khawatir terlalu tentang sopan santun.
2.      Kita akan menghubungi teman di setiap jam dan berbicara tanpa memikirkan waktu.
3.      kapan pun kita membutuhkan dukungan, kita akan menelepon dan meminta dia untuk membantu kita.
4.      kita tidak terlalu khawatir tentang mengekspos diri kita sendiri. Kita dapat berbicara tentang segala sesuatu dalam pikiran kita tanpa perlu khawatir tentang apa yang teman-teman kita akan pikirkan.
5.      Biasanya terbangun apabila kita ada dalam organisasi, komunitas. (karena ada ketertarikan dibidang yang sama).

Teman sejati :
1.      Seseorang yang jiwanya berpadu/berhubungan/terikat 1 dengan yang lainnya.
2.      Seorang teman sejati akan mendukung Anda bahkan jika itu harus mengorbankan kepentingan sendiri.
3.      Seorang teman sejati akan memahami motif dan kebutuhan kita dan akan bersama kita tanpa analisis atau kritik.
4.      Seorang teman sejati akan datang lebih dulu untuk membantu tanpa permintaan atau mengharapkan imbalan apa pun.
5.      Seorang teman sejati tidak membuat alasan memiliki pekerjaan atau janji atau apa pun namun akan bersama kita setiap kali kita memerlukan dia.

Jadi jika kita dapat menjadi teman sejati seseorang, Anda akan diberkati, karena jauh lebih mudah bagi kita semua untuk mengharapkan tapi sangat sulit untuk memberi. Jadilah seorang sahabat sejati dari diri kita terlebih dahulu.

Saya teringat dengan cerita di alkitab yang saya rasa semua sudah pernah mendengarnya, yaitu tentang:
Daud dan goliat, mengapa cerita ini. Karna menurut saya cerita ini dapat dipakai untuk kita mencari arti sesungguhnya dari Teman Sejati.
Karna akhir dari cerita dari Daud & Goliat sangat menarik, yang saya yakin semua sudah mendengarnya..

1 samuel 18:1-4
1 Ketika Daud habis berbicara dengan Saul, berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud; dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri. 2 Pada hari itu Saul membawa dia dan tidak membiarkannya pulang ke rumah ayahnya. 3 Yonatan mengikat perjanjian dengan Daud, karena ia mengasihi dia seperti dirinya sendiri.
4 Yonatan menanggalkan jubah yang dipakainya, dan memberikannya kepada Daud, juga baju perangnya, sampai pedangnya, panahnya dan ikat pinggangnya.

Yang kita lihat disini jiwanya yonatan dan daud berpadu dan mereka saling terikat. Dan Yonatan mengikat perjanjian dengan Daud. Mengikat perjanjian disini yaitu “KOMITMEN”, dimana mereka saling mengasihi. (arah kemana pertemanan/persahabatan ini menuju).
cerita ini terus semakin menarik, dimana Daud maju berperang dan selalu berhasil ke mana juga Saul menyuruhnya, sehingga Saul mengangkat dia mengepalai para prajurit (1 sam 18:5). Sampai –sampai ada nyanyian Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa. Karena Daud lebih populer daripada Saul. Saul menjadi cemburu dan marah kepada Daud sehingga hatinya penuh dengan kebencian sampai mencoba untuk membunuh Daud.
Dan seringkali juga Yonatan anak dari Saul, melangkah masuk ke dalam perselisihan Saul dan Daud untuk menyelamatkan Daud. Mengapa demikian, karena jiwa Yonatan dan Daud sudah berpadu sehingga mereka saling mengasihi dan saling menjaga.

CLIP:
Kalau kita lihat film AVATAR ada adegan dimana Neytiri bertemu dengan Ikrannya, Neytiri mengatakan Sa’helu-The Bond (Membuat Ikatan) – Pada saat Sa’helu(bond) terjadi akan ada hubungan yang terjalin erat yang akan berjalan selamanya. (durasi 00:58:30)

Ada adegan lagi dimana Jake sudah siap untuk menjadi seorang pemburu/hunter. Dan dia harus mencari Ikrannya, (durasi 01:10:25) pada saat dia(Jake) menemukan ikrannya, Neytiry berteriak “MAKE THE BOND” dan “SA’HELU”, Lalu Jake segera membuat ikatan ke Ikran tersebut, dan akhirnya Ikran tersebut dapat tenang. Tapi belom selesai hanya sampai ikatan itu. Pada saat Jake dan ikran mulai terbang mereka tidak dapat terbang dengan baik sebelum ada komitmen/delegasi diantara mereka. Akhirnya Jake mengatakan “ SHUT UP AND FLY STRAIGHT!”, setalah Jake berkata demikian ikran dan Jake dapat benar2 bersatu/sevisi(dapat mengudara dengan lebih baik).

Seperti halnya dalam pertemanan kita dapat berteman dengan siapapun, tapi apabila diantara kita tidak ada ikatan(BOND), itu hanya akan jadi teman biasa atau bahkan bisa menjadi teman yang hanya perlu disaat dia butuh sesuatu(asas manfaat). Tapi apabila ada ikatan akan lebih dari sekedar teman yaitu “SAHABAT”, dan dalam ikatan tersebut diperlukan KOMITMEN (VISI) yang akan membawa jalannya/arahnya pertemanan atau persahabatan tersebut.

Jadi yang menjadi pertanyaan:
APA YANG MEMBUAT ANDA MENYATU/BOND/CONNECTED PADA TEMANMU?

Contoh Hal:
-          Apabila hubungan pertemanan kita di bangun karena olahraga, apa yang terjadi pada saat musim olahraga berakhir.

-          Apabila hubungan pertemanan kita di bangun karena musik/Band, apa yang terjadi pada saat band tersebut bubar.

Jadi apakah hubungan pertemanan kita di bangun dengan rasa saling mengasihi, dimana jiwa kita berpadu untuk tujuan yang baik, atau dibangun hanya karena hal2 tertentu/ musiman yang suatu saat akan selesai.


The point is:
Kita sudah mengetahui definisi dari teman sejati yang sebenarnya, teman yang jiwanya berpadu/terikat/menyatu/connect(/Bond / Merge / Knit). Seorang teman yang berjalan/berlari bersama-sama ke arah yang sama dengan kita. Seoarang teman yang memiliki kepercayaan yang sama, teman yang mengasihi kita di setiap keadaan/situasi.

Lebih dari itu semua, apakah akan lebih baik apabila kita ada dalam komunitas?

Apabila kita ada dalam komunitas, akan ada banyak orang/teman yang mendukung kita,entah pada saat lemah atau kuat, sedih atau senang dan yang terpenting kita akan lebih menjaga kualitas dan hubungan kita dengan Tuhan.

Di dalam grup atau komunitas, semua orang didalamnya memiliki keinginan, semua orang perlu melakukan bagiannya, semua orang punya rasa mengasihi, punya perhatian dan semua orang perlu berjuang bersama untuk jalannya komunitas tersebut.

Contoh : CLIP
GITAR memiliki beberapa bagian, yang di mana semua bagian tersebut harus bekerja bersama-sama. Dan di Gitar ini ada proses dimana kita harus mengganti senar yang sudah tidak bagus dan memasang kembali senar yang baik.
1.      Kita harus melepaskan senar yang lama. Meskipun terlihat sakit, tapi itu harus terjadi/dilakukan. Pada saat itu semua senar sudah dilepaskan, yang ada hanya kayu dan mungkin beberapa bagian yang terbuat dari besi. Dan tepatnya tidak berguna hanya sebongkah kayu yang berseni.
Namun ini merupakan saat yang tepat unutk membersihkan dan memoles gitar tersebut.
2.      Setelah bersih, sekarang saatnya proses untuk memasang semua senar yang baru.
Mulai mengaitkan senarnya, menekan senarnya dan mulai menyetem semua senar, sampai kita menemukan nada yang tepat dari setiap senar tersebut. Dan hanya pada saat semua terpasang dengan baik, Gitar dapat digunakan.

Kita disini sudah melihat proses yang cukup panjang, yaitu mengganti senar, membersihkan dan memoles gitarnya, ada hal2 yang menyakitkan untuk menjadi seperti yang kita inginkan.
Dan sekarang semua bagian dapat berfungsi bersama dan menjadi bunyi yang sangat enak didengar.

Sama halnya dengan Komunitas/persahabatan, semua bagian harus berkerja sama. Semua orang harus melakukan bagiannya sehingga persahabatan kita (komunitas) dapat menjadi kuat dan bertahan lama.

Semua itu mengingatkan saya degan ayat alkitab di
Pengkhotbah 4:9-12
9 Berdua lebih menguntungkan daripada seorang diri. Kalau mereka bekerja, hasilnya akan lebih baik. 10 Kalau yang seorang jatuh yang lain dapat menolongnya. Tetapi kalau seorang jatuh, padahal ia sendirian, celakalah dia, karena tidak ada yang dapat menolongnya. 11 Pada malam yang dingin, dua orang yang tidur berdampingan dapat saling menghangatkan, tetapi bagaimana orang bisa menjadi hangat kalau sendirian? 12 Dua orang yang bepergian bersama dapat menangkis serangan, tapi orang yang sendirian mudah dikalahkan. Tiga utas tali yang dijalin menjadi satu, sulit diputuskan.

Dikatakan 3 utas tali, sulit untuk diputuskan. Berarti pada saat saya berjuang, syukurnya saya memiliki komunitas (I have You Guys) yang dapat menolong saya, menguatkan saya.
Dan pada saat teman saya sedang berjuang, aku berharap aku ada disana untuk menopangnya, menolongnya. Mengapa?? Karena we makes BOND.

No comments:

Post a Comment