Sunday, January 9, 2011

Hubungan

By:Judith
date tebet 2
@rtmosphere Community

Membicarakan mengenai kata “Relationship”, hal ini berkaitan dengan 2 atau lebih orang lain yang ada disekitar kita. Relationship bukan hanya mengenai hubungan seseorang khususnya dalam hal percintaan atau romantisme saja tetapi hubungan seseorang dengan orang lain, baik itu pribadi, keluarga, ataupun teman, dll.

Sejak kita dilahirkan bahkan mungkin sejak dalam kandungan ibu kita masing-masing, kita sudah mempunyai suatu relationship dengan orang tua kita layaknya seorang janin bayi dalam kandungan yang mempunyai hubungan / ikatan batin dengan ibunya dan bahkan mungkin dengan ayahnya seperti bayi menendang dalam perut ibu pada saat mendengar suara ayahnya atau ibunya, dll.  Sehingga bisa dikatakan bahwa dalam hidup ini tanpa relationship dengan sesama manusia, mungkin kita akan mati.

Buat saya mempunyai suatu relationship dalam kehidupan merupakan sangat penting untuk menjalankan kehidupan ini. Walaupun terkadang membina hubungan tidak semudah seperti membalikkan telapak tangaan. Terkadang dalam membina hubungan kita selalu mengalami benturan-benturan yang bisa membuat kita terluka, tetapi luka yang ada akibat suatu relationship tersebut seharusnya menjadi suatu acuan kita untuk mengkoreksi diri kita masing-masing dan berusaha untuk memperbaikinya kembali.

Saya sangat setuju dengan yang pernah dikatakan oleh Ps. Jhonny Herdjawan dalam khotbahnya bahwa dalam membina suatu relationship ada beberapa langkah yang harus kita lalui untuk mencapai suatu langkah yang lebih dalam lagi antara lain: Acceptance yaitu kita harus bisa menerima orang lain apa adanya, kita harus bisa mentoleransi perbedaan yang ada diantara kita dengan orang lain. Tuhan menciptakan manusia itu berbeda-beda sehingga setiap orang mempunyai pikiran dan hati yang berbeda-beda, oleh karena itu kita harus bisa menerima orang lain dengan apa adanya. Menurut saya dalam suatu hubungan perbedaan itu bukan sesuatu yang mengerikan/menakutkan tetapi merupakan sesuatu yang indah, jika kita bisa memahami dan mengerti perbedaan itu dengan baik. Honesty yaitu dalam membina suatu hubungan kita harus bisa berkata jujur. Kejujuran menurut saya sangat penting dalam membina suatu hubungan karena dengan kita bisa bersikap jujur berarti kita benar-benar menghargai secara tulus dan apa adanya dalam membina hubungan ini. Trust & Comfort yaitu jika kita sudah bisa berkata jujur berarti kita membuat diri kita nyaman dalam hubungan tersebut. Karena menurut saya orang akan berkata jujur jika dirinya sudah merasa nyaman dengan orang lain dan dengan sendirinya kenyamanan tersebut membuat sejalan dengan munculnya rasa kepercayaan kita. Kita bisa berkata jujur artinya kita sudah merasa nyaman dan percaya terhadap orang lain. Dari rasa kenyamanan dan kepercayaan kita maka akan terjalin hubungan yang lebih dekat lagi (intimacy) dengan sesama kita.

Setelah mendengar khotbahnya Ps. Jhonny, saya menjadi sadar bahwa selama ini saya banyak melakukan kesalahan dalam membina relationship dengan sesama terutama untuk hubungan pribadi. Jadi buat saya suatu relationship dalam kehidupan ini sangat penting untuk membantu manusia menjalankan tugas kehidupannya di dunia ini, seperti halnya saya walaupun sampai saat ini masih belum menemukan pasangan hidup yang cocok tetapi saya mempunyai hubungan yang cukup baik dengan keluarga dan teman-teman saya yang selalu ada buat saya disaat susah dan senang. Thank you so much for all my families and all my friends who always support me to through this hard life. I love them very much.

Jadi tanpa kita sadari sebenarnya relationship itu sudah ada dan terbina  sejak dari awal kita diciptakan oleh Tuhan dan terus continue kita lakukan serta jalankan hingga saatnya waktu kita kembali ke rumah Bapa di Surga. Tetapi yang perlu diingat dan direnungkan apakah kita menjalankan relationship itu dengan cara yang benar atau tidak? Itu semua adalah suatu pilihan dalam kehidupan kita. Saya yakin pasti kita semua pernah mengalami kegagalan dalam membina suatu relationship, tetapi saya juga yakin bahkan berharap agar kita tidak pernah menyerah dalam membina suatu hubungan yang baik terutama baik di mata Tuhan dengan cara yang Tuhan ajarkan kepada kita melalui firmanNya. God Bless You All.


No comments:

Post a Comment